6 Manfaat Tidur Cukup untuk Kesehatan

6 Manfaat tidur cukup untuk kesehatan-chocoopandan.com

Chocoopandan 6 Manfaat Tidur Cukup untuk kesehatan – Tidur, salah satu aktivitas yang sudah pasti semua orang melakukannya setiap hari. Namun sayangnya tidak semua orang memiliki tidur yang berkualitas. Dan tidak semua orang memahami bahwa tidur sangat mempengaruhi kesehatan.

Tidur yang berkualitas adalah tidur dengan waktu yang cukup atau waktu normal untuk tidur. Tidur yang cukup dapat membuat tubuh menjadi sehat untuk beraktivitas esok hari.

Pada umumnya kebutuhan tidur setiap orang berbeda-beda. Berikut kebutuhan tidur menurut usia dalam sehari :

Usia 0-1 bulan : 14-18 jam

Usia 1-18 bulan : 12-14 jam

Usia 3-6 tahun : 11-13 jam

Usia 6-12 tahun : 10 jam

Usia 12-18 tahun : 8-9 jam

Usia 18-40 tahun : 7-8 jam


Manfaat tidur yang berkualitas

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Tidur yang cukup dapat meningkatkan  kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan karena ketika kita  tidur, sistem imun tubuh dapat bekerja secara maksimal dalam memproduksi antibodi. Antibodi ini berperan dalam membantu tubuh melawan bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh. Sistem imun akan lebih efektif dalam melawan penyakit. Jika kita kurang tidur maka sistem imun tidak dapat bekerja secara maksimal dan menyebabkan kita mudah terserang penyakit.


2. Mengendalikan nafsu makan dan menjaga berat badan tetap ideal

Deangan tidur yang cukup kita dapat menjaga berat badan tetap ideal. Kurang tidur bisa mengganggu keseimbangan hormon yang mengatur nafsu makan. Hal ini mengakibatkan orang yang kurang tidur cenderung memiliki nafsu makan yang tinggi dan mengonsumsi lebih banyak kalori. Sehingga hal itu dapat menyebabkan berat badan berlebih atau obesitas. 


3. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat lain tidur yang cukup adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Karena ketika tidur, tubuh kita akan beristirahat. Tubuh akan menghemat energi, menurunkan tekanan darah, menstabilkan detak jantung, pernapasan, dan suhu tubuh. Selama tidur tubuh juga akan mengeluarkan hormon yang dapat menyehatkan organ jantung.


4. Meningkatkan suasana hati

Ketika kita tidur otak akan memproses emosi dan pikiran agar dapat bereaksi dengan baik. Sehingga dengan tidur yang cukup dapat menyegarkan pikiran dan suasana hati. Sedangkan apabila kita kurang tidur maka emosi dan suasana hati cenderung memberikan reaksi yang negatif.


5. Meningkatkan daya ingat

Dengan tidur yang cukup kita juga akan melancarkan proses mengingat dan berpikir kreatif. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ketika tidur otak akan memproses dan memperkuat ingatan. Tanpa tidur yang cukup otak akan sulit fokus dalam menerima informasi baru sehingga otak tidak  memiliki cukup waktu untuk mengingat sesuatu dengan baik.


6. Mengontrol gula darah

Bagi kalian yang memiliki riwayat diabetes, hendaklah cukupi kebutuhan tidur kalian. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang terlalu banyak atau kekurangan tidur akan berisiko mengalami gangguan metabolisme dan hormon, salah satunya insulin. Sehingga hal tersebut dapat menyebabkan seseorang lebih berisiko terkena diabetes.


Cara mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas

6 Manfaat Tidur cukup bagi kesehatan-chocoopandan.com

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kita sulit untuk tidur. Namun, ada banyak hal juga yang bisa kita usahakan agar mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas, yaitu :

1. Membuat jadwal tidur. Jadwal tidur mulai dari kita memejamkan mata hingga membuka mata. Pastikan selalu di jam yang sama setiap harinya. Hindari juga tidur di siang hari karena akan membuat tubuh sulit tertidur di malam hari.

2. Menciptakan suasana yang nyaman. Hal ini dapat dilakukan dengan mengurangi pencahayaan atau mematikan lampu, dan juga mematikan alat elektronik.

3. Hindari konsumsi nikotin, kafein, dan alkohol.

4. Olahraga secara teratur. Hindari olahraga berat saat menjelang waktu tidur. Hal ini akan membuat tubuh akan tetap terjaga

5. Mengurangi stres dari berbagai masalah. Penyebab terganggunya waktu tidur dan rendahnya kualitas tidur adalah kondisi tubuh dan pikiran yang stres. Untuk mengurangi stres cobalah untuk melakukan yoga, meditasi, atau menghirup aroma  terapi.

Leave a Comment

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.