7 Khasiat Wortel Wajib Kita Tahu

7 Khasiat Wortel Wajib Kita Tahu-chocoopandan.com

Chocoopandan 7 Khasiat Wortel Wajib Kita Tahu – Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang termasuk ke dalam umbi-umbian. Umumnya wortel hanya dikenal dengan warna orange. Padahal wortel juga ada yang berwarna kuning, putih, ungu, dan hitam. 

Wortel cukup digemari banyak orang. Karena selain renyah dan lezat wortel juga tinggi vitamin dan baik untuk kesehatan mata. Tak hanya untu mata, wortel juga memiliki manfaat baik untuk bagian tubuh lainnya. Hal ini karena wortel memiliki ragam kandungan gizi seperti serat, vitamin, dan mineral. Beberapa zat gizi pada wortel tersebut, juga ada yang bertindak sebagai molekul antioksidan, sehingga manfaat wortel untuk kesehatan sangat banyak. 

Kandungan gizi wortel 

Berikut rincian kandungan nutrisi yang terdapat dalam setiap 100 gram wortel :

Energi : 40 kkal

Karbohidrat : 9,5 gram

Serat : 2,8 gram

Gula : 4,8 gram

Protein : 0,9 gram

Kalium : 320 miligram

Natrium      : 70 miligram

Kalsium : 30 miligram

Fosfor : 35 miligram

Folat : 20 mikrogram

Vitamin A : 835 mikrogram

Vitamin B1 : 0,04 miligram

Vitamin B2 : 0,04 miligram

Vitamin B3 : 1 miligram

Vitamin B6 : 0,012 miligram

Vitamin B9 : 15 mikrogram

Vitamin B5 : 0,28 miligram

Vitamin C : 18 miligram

Vitamin K : 13 mikrogram


Manfaat Wortel :

1. Menjaga kesehatan mata

Seperti yang kita ketahui wortel merupakan sayuran yang bagus untuk kesehatan mata. Vitamin A yang ada di dalam wortel dapat mencegah kebutaan pada anak-anak, atau xerophthalmia merupakan penyakit mata progresif penyebab kebutaan di malam hari. Wortel juga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin. Kedua kandungan itu dapat membantu mencegah kondisi degenerasi macula terkait usia. Yaitu, penyakit yang sering menyerang orang dewasa sehingga menyebabkan kehilangan penglihatan yang ireversibel.


2. Meningkatkan sistem imun tubuh

Wortel juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan wortel mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan baik. Selain itu juga membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas, menjaga tubuh dari bakteri berbahaya, virus dan peradangan. Vitamin C dalam wortel juga dapat melawan infeksi serta mencegah keparahan pilek. 


3. Meningkatkan metabolisme

Mengonsumsi wortel yang diolah menjadi jus dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Karena wortel memiliki kandungan vitamin B yang dapat memecah lemak, glukosa, dan protein. Selain itu vitamin B pada wortel juga dapat memaksimalkan energi dipakai secara efisien oleh tubuh.


4. Mencegah diabetes

Kandungan molekul-molekul antioksidan pada wortel dipercaya dapat mengendalikan gula darah. Walau memiliki rasa yang manis, namun indeks glikemik wortel cukup rendah yaitu 39. Sehingga tidak membuat gula darah meningkat dan tentunya aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.


baca juga : sayuran yang tidak perlu dikupas kulitnya


5. Menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah

Mengonsumsi makan yang berserat tinggi serta mencukupi kebutuhan kalium seperti wortel, dapat melindungi jantung dan juga menjaga tekanan darah tetap stabil. Hal ini disebabkan kalium dalam wortel dapat membantu mengendurkan ketegangan di pembuluh darah dan arteri, yang meningkatkan sirkulasi aliran darah dan menurunkan tekanan darah.


6. Menjaga kesehatan mulut

Mulut merupakan organ tubuh yang menjadi awal tempat segala jenis makan yang masuk. Sehingga mulut bisa rentan terhadap penyakit. Gangguan pada mulut yang sering terjadi adalah tumbuhnya plak yang dapat membuat gigi menjadi rapuh. Wortel mengandung riboflavin yang dapat membantu menghilangkan plak yang menempel pada gigi. Kandungan mineral dalam wortel juga memiliki sifat antibakteri yang dapat mencegah munculnya gigi berlubang.


7. Mengurangi risiko kanker

Kandungan antioksidan dalam wortel ternyata juga memiliki manfaat mengurangi risiko penyakit kanker. Hal ini karena kandungan antioksidan dan beta karoten yang memberikan pigmen oranye pada wortel dapat mengurangi risiko kanker. Salah satunya kanker payudara. Menurut Journal of the National Cancer Institute, wanita dengan kadar karotenoid yang tinggi juga dapat mengurangi risiko terhadap kanker payudara. Tak hanya itu, konsumsi makanan yang kaya akan karotenoid dapat melindungi terhadap beberapa jenis kanker lain, seperti kanker prostat, usus besar, dan kanker perut.


Karena manfaat wortel yang beragam bagi tubuh, ada baiknya jika kita mulai menambahkan wortel ke dalam menu makanan sehari-hari. Pilihlah wortel yang masih segar, keras, dan kering. Jangan lupa untuk membersihkannya sebelum dikonsumsi. Selain itu pengolahan wortel yang tepat juga membuat kita mendapatkan nutrisinya secara maksimal.

Leave a Comment

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.