Apa Yang Dimaksud Dengan Kewirausahaan?

Apa Yang Dimaksud Dengan Kewirausahaan?
Apa Yang Dimaksud Dengan Kewirausahaan?

Pembahasan tentang: apa yang dimaksud dengan kewirausahaan?, baca selengkapnya disini untuk mendapatkan jawabannya!


Pengertian Kewirausahaan

Kewirausahaan adalah proses menciptakan sesuatu agar bisa bernilai tambah dalam ekonomi. Istilah ini berasal dari dua kata, yaitu 'wira' yang berarti laki-laki atau mandiri dan 'usaha' yang berarti sebuah kegiatan yang mengerahkan tenaga dan pikiran untuk mencapai suatu tujuan. Dalam konteks ini, seorang wirausaha adalah individu yang bisa menciptakan bisnis sendiri, menanggung sebagian besar risiko dan juga menikmati keuntungan dari usaha yang dirintisnya. Sedangkan kewirausahaan adalah proses mendirikan dan menjalankan bisnis atau usaha tersebut. Wirausahawan umumnya dipandang sebagai inovator, yang bisa berarti seseorang yang bisa memecahkan masalah, khususnya masalah terkait bisnis​​.

Kewirausahaan sebagai Penggerak Ekonomi

Di Indonesia, sektor kewirausahaan banyak digeluti oleh para pelaku usaha kecil alias UMKM. Wirausahawan juga membantu pemerintah mengurangi jumlah pengangguran. Seorang pedagang kaki lima pun bisa disebut sebagai pelaku wirausaha​​. Merujuk pada Kementerian Industri, Indonesia membutuhkan sedikitnya 4 juta wirausaha baru untuk turut mendorong penguatan struktur ekonomi. Meskipun rasio arti kewirausahaan di Indonesia sudah melampaui standar internasional, yakni sebesar 2 persen, Indonesia perlu menggenjot lagi untuk mengejar capaian negara tetangga​​.

Tujuan Kewirausahaan

Tujuan utama dari kewirausahaan adalah untuk menciptakan nilai tambah dalam ekonomi. Baik besar ataupun kecil, kegiatan kewirausahaan adalah berdampak pada kehidupan​.

Ciri-Ciri Kewirausahaan

Orang yang memiliki jiwa kewirausahaan biasanya memiliki beberapa ciri-ciri sebagai berikut:

  • Memiliki sifat kreatif dan berani
  • Memiliki kemauan keras dan semangat yang tinggi
  • Mampu menganalisis masalah dengan baik
  • Memiliki jiwa kepemimpinan
  • Dapat membuat keputusan dengan bijak dan bertanggung jawab
  • Totalitas pada bisnis yang dijalankannya​​.

Kesimpulan

Kewirausahaan adalah suatu proses menciptakan nilai tambah dalam ekonomi melalui pembuatan dan pengelolaan bisnis atau usaha. Ini bukan hanya tentang memulai bisnis baru, tetapi juga tentang inovasi, pengambilan risiko, dan pengelolaan. Di Indonesia, kewirausahaan memainkan peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan mengurangi pengangguran. Oleh karena itu, penting untuk terus mendorong dan mendukung perkembangan kewirausahaan di Indonesia.

Fauziyyah
Sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion, terutama lip product dan tas yang super lucu. Selain itu, juga senang menulis artikel di platform-platform media besar.