Biaya yang Termasuk ke Dalam Overhead adalah…?

Biaya yang Termasuk ke Dalam Overhead adalah…
Biaya yang Termasuk ke Dalam Overhead adalah…?

Point Pembahasan Tentang: Biaya yang Termasuk ke Dalam Overhead adalah…

Dalam dunia bisnis, terdapat berbagai jenis biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan. Salah satunya adalah biaya overhead. Biaya ini seringkali menjadi komponen penting yang perlu diperhatikan oleh setiap perusahaan. Namun, apa sebenarnya biaya overhead itu? Bagaimana cara menghitungnya? Dan apa saja yang termasuk dalam biaya overhead? Mari kita bahas lebih lanjut.

Pembahasan

Biaya overhead adalah salah satu komponen biaya yang sangat penting dalam operasional perusahaan. Meskipun tidak berkaitan langsung dengan aktivitas produksi, biaya ini tetap perlu dianggarkan untuk memastikan kelancaran operasional perusahaan.

Apa Itu Biaya Overhead Pabrik?

Menurut para ekonom, biaya overhead adalah biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan namun tidak berhubungan langsung dengan proses produksi. Meskipun demikian, biaya ini tetap memegang peranan penting dalam memastikan operasional perusahaan berjalan dengan lancar. Dengan kata lain, biaya overhead bisa dianggap sebagai pengeluaran tambahan di luar upah dan biaya produksi.

Jenis Biaya Overhead Pabrik

Biaya overhead dapat dikategorikan menjadi tiga jenis utama:

  1. Biaya Overhead Tetap: Biaya ini tidak berubah-ubah setiap periode pembayaran. Contohnya adalah pajak, gaji pegawai non-produksi, dan biaya sewa aset non-produksi.
  2. Biaya Overhead Variabel: Biaya ini berubah-ubah sesuai dengan intensitas aktivitas perusahaan. Contohnya adalah biaya periklanan, bonus atau komisi, dan biaya alat tulis kantor.
  3. Biaya Variabel Mixed/Semi Variabel: Biaya ini merupakan kombinasi dari biaya overhead tetap dan variabel.

Contoh Biaya Overhead Pabrik

Beberapa contoh dari biaya overhead pabrik antara lain:

  • Tagihan Listrik/Air/Telepon
  • Biaya Asuransi
  • Perlengkapan Kantor
  • Biaya Pemasaran
  • Komisi atau Bonus
  • Biaya Kegiatan Khusus
  • Depresiasi

Pentingnya Menghitung Biaya Overhead

Menghitung biaya overhead sangat penting bagi perusahaan untuk:

  • Mengontrol pengeluaran biaya non-produksi.
  • Menyusun anggaran tiap divisi dengan lebih efektif.
  • Mengurangi biaya overhead yang tidak diperlukan.
  • Menyusun strategi perusahaan dengan lebih baik.

Kesimpulan

Biaya overhead memegang peranan penting dalam operasional perusahaan. Meskipun tidak berkaitan langsung dengan proses produksi, biaya ini tetap harus diperhitungkan dengan cermat untuk memastikan kelancaran dan keberlanjutan bisnis.

Jawaban Dari Pertanyaan

Biaya overhead adalah biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan namun tidak berhubungan langsung dengan proses produksi. Biaya ini meliputi berbagai jenis pengeluaran seperti biaya tetap, variabel, dan semi variabel. Contohnya adalah biaya asuransi, tagihan listrik, dan biaya pemasaran. Meskipun demikian, biaya ini tetap penting untuk diperhitungkan agar perusahaan dapat beroperasi dengan lancar dan efisien.

Semoga informasi ini membantu Anda memahami lebih jauh tentang biaya overhead dan pentingnya bagi operasional perusahaan.