Resep Cincau Hitam Alami dari Daun Janggelan Kering Sederhana Spesial Asli Enak Buatan Sendiri Secara Tradisional Agar Kenyal. Cincau hitam berasal dari daun Janggelan yang bermanfaat untuk pencernaan dan mengobati panas dalam itu sebagian manfaat minum cincau hitam. Ada banyak cara membuat cincau hitam dari yang paling sederhana sampai ke penambahan bahan-bahan lainnya, apakah cincau hitam berbahaya? apakah cara dan bahannya itu aman dan sehat? selama itu aman tidak mengandung zat-zat berbahaya tidak masalah yang penting sehat.
Foto Resep Cincau Hitam Alami dari Daun Jenggelan Sederhana Spesial Asli Enak Buatan Sendiri Secara Tradisional Alami
Gambar Cincau Hitam dari Daun Jenggelan

Menurut situs Wikipedia. Platostoma palustre, umumnya dikenal sebagai mesona Cina, adalah spesies tumbuhan yang termasuk dalam genus Platostoma dari keluarga mint. Spesies ini tumbuh secara luas di Asia Timur seperti Cina Tenggara dan Taiwan lebih menyukai jurang, daerah berumput, kering, dan berpasir. Inilah jawaban bagi subscriber blog resep masakan blogspot carabuatresep yang bertanya cincau hitam terbuat dari apa atau dari bahan apa dan cincau hijau terbuat dari bahan apa?.
Kata cincau berasal dari Hokian, yaitu xiancao. Paling enak diolah menjadi minuman es cincau hitam atau bahan pelengkap es campur.
Cincau yang berbentuk gel kenyal, lembuat dan empuk namun tidak keras dan mirip dengan agar-agar ini dihasilkan dari pengolahan tumbuhan bernama Mesona spp. Kalau di Indonesia lebih populer disebut daun cincau hitam atau daun janggelan.
Cincau yang bertekstur lembut dan kenyal biasa disajikan untuk minuman dan sebagai tambahan dalam olahan puding.
Cincau memiliki manfaat yang banyak bagi tubuh, tapi sebelum kita mengolah cincau, mari kita berkenalan dengan dua jenis cincau yang beredar di pasaran: cincau hintam dan cincau hijau.
Apa beda cincau hitam dan cincau hijau?
Cincau Hitam
Pada awalnya dikenal sebagai tanaman obat karena gelatinya yang pekat dipercaya mengembalikan luka yang terbuka segera tertutup kembali.
Cincau hitam terbuat dari tanaman Mesona Procumbens dan Mesona Chinensis.
Dua jenis cincau ini lebih banyak terdapat di Cina.
Sedangkan yang ada di Indonesia adalah jenis Mesona palustris atau masyarakat di Jawa menyebutnya dengan janggelan.
  • Cara mengolah tanaman cincau hitam yang telah dikeringkan kemudian dicuci untuk menghilangkan sisa debu dan kotoran, lalu direbus.
  • Perbandingannya 500 gram cincau dan 8 liter air.
  • Proses perebusan harus sambil terus diaduk untuk mengeluarkan gel dan menghindari meluap.
  • Setelah air rebusan menjadi hitam, disaring dalam wadah yang sekaligus menjadi tempat mencetaknya.
  • Setelah dingin cincau siap digunakan.
Cincau Hijau
Cincau hijau ini memiliki daun yang lebih lebar dan besar.
Baca Juga :
Warna daunnya hijau tua berbentuk menyirip dan sedikit kaku.
  • Proses pembuatannya adalah dengan cara mencucinya terlebih dulu untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel pada daun cincau.
  • Tahap selanjutnya daun cincau di lumatkan dengan cara diremas-remas dalam air dingin matang.
  • Perbandingan cincau dan air adalah 50 lembar daun cicau dan 500 ml air.
  • Setelah itu saring untuk memisahkan ampasnya.
  • Diamkan sampai cincau hijau membeku dan kental, cincau siap dinikmati.
Cincau sering digunakan sebagai menu diet karena tinggi kandungan karbohidrat namun rendah kalori.
Serat dalam cincau juga mampu mengikat gula, lemak dan kolesterol hingga dapat menurunkan resiko diabetes, penyakit jantung dan stroke.
Kandungan seratnya dapat membersihkan organ pencernaan untuk menghindari sembelit dan gangguan pencernaan.
Itu dia perbedaan antara cincau hitam dan cincau hijau.
Jangan lupa tengok laman resep Sajian Sedap untuk mendapat berbagai resep olahan cincau yang menyegarkan.Pas untuk takjil hari ini. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi cincau hitam dengan proses pengolahannya sajia sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis cincau hitam yang laris manis diburu saat bulan puasa Ramadhan.

RESEP CINCAU HITAM

BAHAN :
  • Daun Jenggelan
CARA MEMBUAT CINCAU HITAM :
  1. Daun janggelan dijemur selama beberapa hari sampai kering dengan menggunakan cahaya matahari.
  2. Cuci bersih, setelah dicuci lalu direbus selama 2 jam di atas api besar, sebaiknya masaknya pakai kayu bakar gunanya untuk mempertahankan cita rasa yang otentik dan rasa original. Proses perebusan ini lumayan lama sampai air berubah warna hitam pekat.
  3. Disaring untuk mengambil sari patinya.
  4. Proses terakhir panaskan sari pati yang dicampur tepung tapioka agar kenyal sambil diaduk terus sampai teksturnya berubah menjadi jelly kurang lebih 15 menit sampai warnanya hitam pekat dan kental. Kemudian dinginkan selama 6 jam di dalam wadah cetakan. Lalu bisa dimasukkan dalam kemasan plastik yang disebut cincau hitam kemasan atau wadah tupperrware.

RESEP CINCAU HITAM (GRASS JELLY) PRAKTIS

Resep By : Isnawati
Dengan Serbuk Cincau Hitam Janggelan, bikin Cincau hitam jadi sangat mudah. Buat ibu-ibu yang meragukan kebersihan pembuatan Cincau Hitam yang dijual di pasar tradisional, sekarang bisa bikin didapur sendiri ya Bun. Cincau ini rasanya lebih ringan dan lembut, dibanding cincau di pasar tapi rasanya kurang otentik dan original. Inilah cara membuat cincau hitam dari bubuk daun janggelan (janggelan powder). Pakai bubuk cincau hitam instan ini lebih praktis ketimbang pakai cara pertama yang pakai langsung daun jenggelan yang harus diproses terlebih dahulu dari proses pengeringan, perebusan sampai menjadi cincau bisa makan waktu berjam-jam lamanya.
BAHAN :
  • 1 bungkus (35 gram) Serbuk Cincau Hitam Janggelan
  • 1 sachet (15 gram) Nutrijell tanpa rasa
  • 750 ml air
  • 2 sdm gula merah
  • Garam sedikit
CARA MEMBUAT CINCAU HITAM (GRASS JELLY) PRAKTIS :
  1. Cairkan Serbuk Cincau hitam dgn 250 ml air dingin / suhu ruang.
  2. Campur Bubuk Nutrijell, gula merah dan 500 ml air kedalam panci, Didihkan. Campurkan adonan Cincau kedalam adonan nutrijell masak sambil di aduk selama 10 menit. Awalnya adonan akan menggumpal, aduk terus sampai adonan mencair dan lebih ringan. Tambah garam, aduk rata.
  3. Tuang dalam cetakan. Masukkan dikulkas selama 1 jam.
  4. Sajikan dengan air sirup dan santan atau dinikmati seperti jelly saja untuk 6 porsi. Inilah salah satu cara mengolah cincau hitam.
Leave a Comment

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.