Begini Contoh LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi!

Contoh LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi
Begini Contoh LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi!

Contoh LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi

Abstrak: Lembar Kerja (LK) 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi merupakan bagian dari program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Daljab 2023 yang membahas pemecahan masalah yang dialami oleh siswa dan memiliki hubungan dengan tenaga pengajar. Artikel ini akan memberikan contoh pengisian LK 2.1 berdasarkan informasi yang ditemukan.

Pendahuluan

Dalam dunia pendidikan, kualitas pembelajaran menjadi hal yang sangat penting. Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Daljab 2023 menghadirkan LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi sebagai salah satu materi yang harus dikerjakan oleh peserta. LK ini berfokus pada pemecahan masalah yang dialami oleh siswa dan bagaimana tenaga pengajar dapat memberikan solusi terbaik. Dengan adanya LK ini, diharapkan guru dapat lebih memahami permasalahan yang ada dan mencari solusi yang tepat.

Pembahasan

Begini Contoh LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi!

1. Masalah Terpilih yang Akan Diselesaikan: Salah satu masalah yang sering dihadapi dalam dunia pendidikan adalah rendahnya motivasi dan tingkat keaktifan peserta didik dalam pembelajaran. Hal ini tentunya menjadi perhatian khusus bagi para pendidik, karena tanpa motivasi yang baik, proses pembelajaran tidak akan berjalan dengan efektif.

2. Akar Penyebab Masalah: Setelah melakukan observasi dan analisis, ditemukan bahwa salah satu penyebab rendahnya motivasi dan keaktifan peserta didik adalah pembelajaran di kelas yang cenderung didominasi oleh guru dan berjalan satu arah. Hal ini membuat siswa merasa kurang terlibat dan kurang mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.

3. Eksplorasi Alternatif Solusi: Dalam mencari solusi, ada beberapa metode yang dapat dilakukan, di antaranya adalah:

  • Kajian Literatur:
    • Muhibbin Syah: Menyatakan bahwa motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak yang ada di dalam diri peserta didik yang menimbulkan kegiatan belajar. Ini menunjukkan betapa pentingnya motivasi dalam proses pembelajaran.
    • Mardiani: Menekankan bahwa motivasi belajar adalah berbagai usaha yang dilakukan oleh seseorang dalam proses perkembangannya untuk mencapai tujuan. Ini menunjukkan bahwa motivasi belajar dapat ditingkatkan melalui berbagai upaya.
    • Uno: Mengatakan bahwa motivasi belajar merupakan dorongan internal dan eksternal pada siswa yang sedang belajar. Hal ini menunjukkan bahwa ada faktor-faktor eksternal yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa.
    • Rousseau: Menyatakan bahwa setiap orang yang belajar harus aktif sendiri, menunjukkan pentingnya keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran.
    • Thorndike: Mengemukakan keaktifan belajar siswa dalam belajar dengan hukum “law of exercise”, yang menunjukkan bahwa belajar memerlukan adanya latihan-latihan.
    • Mc Keachie: Menyatakan bahwa individu merupakan “manusia belajar yang aktif selalu ingin tahu”. Ini menunjukkan bahwa setiap individu memiliki potensi untuk belajar dengan baik asalkan diberikan kesempatan dan metode yang tepat.
  • Wawancara:
    • Melalui wawancara dengan beberapa guru dan siswa, ditemukan bahwa salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar peserta didik adalah dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis TIK. Melalui media ini, siswa dapat mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik dan interaktif.

Kesimpulan

LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi memberikan panduan bagi guru dalam mengidentifikasi masalah yang dialami oleh siswa dan mencari solusi terbaik melalui kajian literatur dan wawancara. Dengan demikian, proses pembelajaran dapat berjalan dengan optimal.

Jawaban Dari Pertanyaan

Pertanyaan: contoh lk 2.1 eksplorasi alternatif solusi

Jawaban: LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi adalah lembar kerja yang membahas pemecahan masalah yang dialami oleh siswa dan bagaimana tenaga pengajar dapat memberikan solusi terbaik. Contoh pengisian LK ini meliputi identifikasi masalah, akar penyebab masalah, dan eksplorasi alternatif solusi berdasarkan kajian literatur dan wawancara.

Penjelasan Akhir

Dalam mengisi LK 2.1, penting bagi guru untuk melakukan kajian literatur dan wawancara agar mendapatkan solusi yang tepat dan efektif untuk masalah yang dialami oleh siswa. Dengan demikian, proses pembelajaran dapat berjalan dengan optimal.

Penutup

LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi menjadi salah satu instrumen penting dalam program PPG Daljab 2023. Melalui LK ini, guru diharapkan dapat memberikan solusi terbaik bagi masalah yang dialami oleh siswa.