Hasil Kerja dari Panitia Sembilan Adalah?

hasil kerja dari panitia sembilan adalah
Hasil Kerja dari Panitia Sembilan Adalah?

hasil kerja dari panitia sembilan adalah

Abstrak

Panitia Sembilan adalah sebuah panitia yang dibentuk dalam sidang I BPUPKI pada tahun 1945. Panitia ini memiliki tugas untuk merumuskan dasar negara Republik Indonesia. Hasil kerja dari Panitia Sembilan adalah Piagam Jakarta yang berisi lima sila yang kini kita kenal sebagai Pancasila. Piagam Jakarta menjadi tonggak sejarah penting dalam perjalanan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan.

Pendahuluan

Sebagai bangsa yang besar, Indonesia memiliki sejarah panjang dalam perjuangannya menuju kemerdekaan. Salah satu tonggak penting dalam sejarah Indonesia adalah pembentukan Panitia Sembilan. Namun, apa sebenarnya hasil kerja dari Panitia Sembilan ini?

Pembahasan

Panitia Sembilan adalah sebuah panitia kecil yang dibentuk dalam sidang I BPUPKI pada 29 Mei-1 Juni 1945. Panitia ini memiliki tugas penting dalam merumuskan dasar negara Republik Indonesia.

Hasil Kerja dari Panitia Sembilan

Setelah sidang BPUPKI pada tanggal 1 Juni 1945, terbentuklah panitia kecil yang diketuai oleh Ir. Sukarno. Panitia ini bertugas menampung saran dari BPUPKI. Pada tanggal 22 Juni 1945, panitia kecil mengadakan rapat dengan 38 anggota BPUPKI. Dalam rapat tersebut, dibentuklah Panitia Sembilan.

Anggota Panitia Sembilan terdiri dari tokoh-tokoh besar seperti Ir. Sukarno, Drs. Mohammad Hatta, dan lainnya. Hasil kerja dari Panitia Sembilan adalah rumusan pembukaan UUD yang menggambarkan maksud dan tujuan pembentukan negara Indonesia Merdeka. Rumusan ini dikenal dengan nama Jakarta Charter atau Piagam Jakarta.

Piagam Jakarta berisi lima sila yang kini kita kenal sebagai Pancasila. Rumusan dasar negara dalam Piagam Jakarta berbunyi:

  1. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya.
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab.
  3. Persatuan Indonesia.
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Kesimpulan

Hasil kerja dari Panitia Sembilan adalah berbentuk rumusan dasar negara bernama Piagam Jakarta. Piagam tersebut menjadi cikal bakal Pancasila yang menjadi dasar negara Republik Indonesia.

Jawaban Dari Pertanyaan

Pertanyaan: Hasil kerja dari Panitia Sembilan adalah?

Jawaban: Hasil kerja dari Panitia Sembilan adalah Piagam Jakarta yang menjadi dasar negara Republik Indonesia.

Penjelasan Akhir

Piagam Jakarta menjadi tonggak sejarah penting dalam perjalanan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan. Meskipun ada beberapa perubahan dalam rumusannya, namun semangat yang terkandung di dalamnya tetap menjadi pedoman bagi bangsa Indonesia hingga saat ini.

Penutup

Sebagai bangsa yang besar, kita harus menghargai dan memahami sejarah perjuangan para pendahulu kita. Hasil kerja dari Panitia Sembilan adalah salah satu bukti dari perjuangan tersebut.