Hasil Sidang PPKI Tanggal 18 Agustus 1945: Antara Lain Menetapkan Bahwa untuk Sementara Waktu, Presiden Akan Dibantu Oleh?

hasil sidang ppki tanggal 18 agustus 1945, antara lain menetapkan bahwa untuk sementara waktu, presiden akan dibantu oleh
hasil sidang ppki tanggal 18 agustus 1945, antara lain menetapkan bahwa untuk sementara waktu, presiden akan dibantu oleh

hasil sidang ppki tanggal 18 agustus 1945, antara lain menetapkan bahwa untuk sementara waktu, presiden akan dibantu oleh

Abstrak

Sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 merupakan salah satu tonggak sejarah penting bagi Indonesia. Dalam sidang ini, beberapa keputusan penting diambil, termasuk pembentukan KNIP yang akan membantu presiden dan wakil presiden dalam menjalankan tugas pemerintahan. Selain itu, UUD 1945 resmi disahkan dan Ir. Soekarno serta Mohammad Hatta dipilih sebagai presiden dan wakil presiden pertama Indonesia.

Pendahuluan

Sejarah Indonesia mencatat berbagai peristiwa penting yang menjadi tonggak bagi kemerdekaan bangsa. Salah satunya adalah sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) yang dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 1945. Sidang ini memiliki keputusan-keputusan penting yang menjadi dasar pembentukan negara Indonesia.

Pembahasan

PPKI adalah lembaga yang dibentuk untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Setelah proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, PPKI segera melaksanakan sidang pertamanya pada tanggal 18 Agustus 1945.

Hasil Sidang PPKI Tanggal 18 Agustus 1945

  1. Pembentukan KNIP (Komite Nasional Indonesia Pusat): Hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 menetapkan bahwa untuk sementara waktu, presiden akan dibantu oleh Komite Nasional Indonesia Pusat. Fungsi utama KNIP adalah membantu tugas presiden dan wakil presiden untuk sementara waktu, sebelum dibentuknya DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) dan MPR (Majelis Permusyawaratan Rakyat).
  2. Mengesahkan UUD 1945: Dalam sidang tersebut, UUD 1945 resmi disahkan. Selain itu, dilakukan revisi pada Piagam Jakarta, mengubah kalimat “Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya” menjadi “Ketuhanan Yang Maha Esa”.
  3. Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden: Ir. Soekarno dipilih sebagai presiden dan Mohammad Hatta sebagai wakil presiden.

Kesimpulan

Sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 merupakan salah satu momen bersejarah bagi Indonesia. Keputusan-keputusan yang dihasilkan dari sidang ini menjadi dasar bagi pembentukan negara Indonesia dan pemerintahannya.

Jawaban Dari Pertanyaan

Pertanyaan: Hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945, antara lain menetapkan bahwa untuk sementara waktu, presiden akan dibantu oleh?

Jawaban: Presiden akan dibantu oleh Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP).

Penjelasan Akhir

Sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 mencatat sejarah penting bagi Indonesia. Keputusan yang diambil dalam sidang tersebut menjadi dasar bagi pembentukan negara dan pemerintahan Indonesia. KNIP, yang dibentuk sebagai hasil dari sidang ini, memiliki peran penting dalam membantu presiden dan wakil presiden dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan.

Penutup

Sebagai bangsa yang besar, kita harus selalu menghargai dan mengenang peristiwa-peristiwa bersejarah yang telah membentuk identitas kita sebagai bangsa Indonesia. Sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 adalah salah satu dari peristiwa-peristiwa tersebut.