Jelaskan Potensi Sumber Daya Kelautan Apa Saja yang Terdapat di Indonesia Sebagai Upaya Mendukung Program Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia

jelaskan potensi sumber daya kelautan apa saja yang terdapat di indonesia sebagai upaya mendukung program indonesia sebagai poros maritim dunia
jelaskan potensi sumber daya kelautan apa saja yang terdapat di indonesia sebagai upaya mendukung program indonesia sebagai poros maritim dunia

jelaskan potensi sumber daya kelautan apa saja yang terdapat di indonesia sebagai upaya mendukung program indonesia sebagai poros maritim dunia

Indonesia, dengan ribuan pulau yang tersebar dari Sabang hingga Merauke, memiliki potensi kelautan yang luar biasa. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, kita memiliki kekayaan yang tak ternilai harganya di bawah permukaan laut kita. Namun, apakah kita benar-benar memahami potensi tersebut?

Pembahuluan

Sebelum kita menyelam lebih dalam ke dalam potensi sumber daya kelautan Indonesia, mari kita pahami dulu apa yang dimaksud dengan “Poros Maritim Dunia”. Istilah ini mengacu pada visi Indonesia untuk menjadi pusat kegiatan maritim dunia, memanfaatkan potensi kelautan yang dimilikinya.

Potensi Sumber Daya Kelautan Indonesia

Indonesia dianugerahi dengan kekayaan laut yang sangat besar, baik di atas, di dalam laut, maupun di dasar lautan. Menurut data dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, ada setidaknya sebelas sektor ekonomi kelautan yang bisa mendongkrak perekonomian nasional. Sektor-sektor ini meliputi perikanan tangkap, budi daya, industri pengolahan, bioteknologi kelautan, energi dan sumber daya mineral, wisata bahari, transportasi, jasa maritim, dan coastal forestry.

Dengan potensi sebesar ini, Indonesia memiliki peluang besar untuk menjadi salah satu poros maritim dunia, kembali ke kejayaan kelautan seperti yang pernah dirasakan Nusantara di zaman kerajaan maritim Sriwijaya.

Kesimpulan

Potensi kelautan Indonesia memang luar biasa. Namun, untuk benar-benar memanfaatkannya, kita perlu kesadaran kolektif dan kerja sama dari semua pihak. Dengan memanfaatkan potensi ini dengan bijak, Indonesia bisa menjadi poros maritim dunia yang tak hanya kuat dalam hal ekonomi, tetapi juga dalam keberlanjutan dan konservasi.

Jawaban Dari Pertanyaan

Pertanyaan: Jelaskan potensi sumber daya kelautan apa saja yang terdapat di Indonesia sebagai upaya mendukung program Indonesia sebagai poros maritim dunia?

Jawaban: Potensi sumber daya kelautan Indonesia meliputi perikanan tangkap, budi daya, industri pengolahan, bioteknologi kelautan, energi dan sumber daya mineral, wisata bahari, transportasi, jasa maritim, dan coastal forestry.

Penutup

Indonesia memiliki potensi yang besar untuk menjadi poros maritim dunia. Namun, potensi ini bukan hanya untuk dieksploitasi, tetapi juga untuk dijaga dan dilestarikan. Semoga kita semua bisa bersama-sama mewujudkan visi ini untuk kebaikan generasi mendatang.