Membuang Sampah Sembarangan Termasuk Norma apa?

Membuang Sampah Sembarangan Termasuk Norma
Membuang Sampah Sembarangan Termasuk Norma apa?

Membuang Sampah Sembarangan Termasuk Norma

Pengertian Norma Sosial

Norma sosial adalah aturan-aturan yang diciptakan oleh masyarakat untuk mengatur perilaku manusia dalam kehidupan bersama. Norma-norma ini memiliki kekuatan mengikat yang berbeda-beda, ada yang lemah dan ada juga yang kuat. Norma sosial berfungsi sebagai petunjuk bagi tingkah laku seseorang yang hidup di dalam masyarakat, membantu menjaga ketertiban dan harmoni dalam kehidupan sehari-hari.

Pentingnya Norma dalam Masyarakat

Tanpa norma, masyarakat akan menjadi kacau dan tidak teratur. Norma membantu masyarakat untuk hidup bersama dengan cara yang harmonis dan saling menghargai. Dengan adanya norma, setiap individu tahu apa yang diharapkan dari mereka dan bagaimana mereka harus berperilaku dalam berbagai situasi.

Pembahasan

Empat norma dalam masyarakat adalah cara, kebiasaan, tata kelakuan, dan adat istiadat. Dari empat norma tersebut ada persamaan dan perbedaan norma. Mari kita telusuri lebih lanjut tentang masing-masing norma ini dan bagaimana mereka berfungsi dalam masyarakat kita.

Membuang Sampah Sembarangan Termasuk Norma apa?

Norma Cara

Norma cara adalah norma yang menunjuk kepada satu bentuk perbuatan, seperti membuang sampah sembarangan. Sanksi bagi pelanggar biasanya ringan, seperti celaan atau teguran. Contoh lain dari norma cara adalah berpakaian kurang pantas, yang juga akan mendapat sanksi berupa teguran saja.

Norma Kebiasaan

Norma kebiasaan adalah perbuatan yang dilakukan secara berulang-ulang dalam bentuk yang sama, seperti memberi hormat kepada orang yang usianya lebih tua. Sanksi sosial bila melanggar norma kebiasaan berupa teguran.

Norma Tata Kelakuan

Norma tata kelakuan adalah kebiasaan yang diterima sebagai norma pengatur kelakuan bertindak di masyarakat. Contohnya, seorang peserta didik yang melanggar tata tertib sekolah akan mendapatkan sanksi sesuai dengan tata tertib yang berlaku.

Norma Adat Istiadat

Norma adat istiadat adalah tata kelakuan yang semakin kuat mencerminkan kekuatan pola kelakuan masyarakat. Bagi anggota masyarakat yang melanggar norma adat istiadat, akan mendapat sanksi sesuai dengan adat masing-masing.

Kesimpulan

Empat norma sosial dalam masyarakat memiliki peran penting dalam mengatur perilaku manusia dan menjaga ketertiban. Membuang sampah sembarangan termasuk dalam norma cara, dan pelanggar akan mendapat celaan sebagai sanksi. Memahami dan menghargai norma sosial adalah kunci untuk hidup harmonis dalam masyarakat.