Pada Interfase Daur Sel Terjadi Aktivitas Berikut Kecuali?

pada interfase daur sel terjadi aktivitas berikut kecuali
Pada Interfase Daur Sel Terjadi Aktivitas Berikut Kecuali?

pada interfase daur sel terjadi aktivitas berikut kecuali

Daur sel adalah proses di mana sel tumbuh, mempersiapkan pembelahan, dan akhirnya membelah menjadi dua sel anak yang identik. Proses ini terdiri dari beberapa tahapan, salah satunya adalah interfase. Interfase adalah tahapan di mana sel mempersiapkan diri untuk pembelahan dengan melakukan berbagai aktivitas. Namun, ada beberapa kesalahpahaman tentang apa yang sebenarnya terjadi selama interfase. Mari kita bahas lebih lanjut.

Pembahasan

Interfase adalah tahap terpanjang dalam daur sel dan terjadi sebelum sel memasuki tahap pembelahan. Selama interfase, sel melakukan berbagai aktivitas untuk mempersiapkan diri untuk pembelahan. Namun, ada satu aktivitas yang tidak terjadi selama interfase. Apakah itu?

Pada interfase daur sel terjadi aktivitas berikut kecuali?

Selama interfase, sel melakukan sejumlah aktivitas penting, termasuk:

  • Sintesis protein: Sel memproduksi protein yang diperlukan untuk pertumbuhan dan fungsi sel.
  • Pertambahan massa: Sel tumbuh dengan menambahkan lebih banyak sitoplasma dan organel.
  • Pengumpulan energi: Sel mengumpulkan energi yang diperlukan untuk proses pembelahan sel.
  • Pertambahan volume sel: Seiring dengan pertumbuhan sel, volume sel juga meningkat.

Namun, ada satu aktivitas yang tidak terjadi selama interfase, yaitu:

  • Pertambahan jumlah sel: Selama interfase, sel tidak membelah atau meningkatkan jumlahnya. Pembelahan sel terjadi pada tahapan berikutnya dalam daur sel, yaitu mitosis atau meiosis.

Kesimpulan

Interfase adalah tahap penting dalam daur sel di mana sel mempersiapkan diri untuk pembelahan. Meskipun banyak aktivitas terjadi selama tahap ini, pertambahan jumlah sel bukan salah satunya.

Jawaban Dari Pertanyaan

Pertanyaan: pada interfase daur sel terjadi aktivitas berikut kecuali?

Pilihan jawaban:

a. sintesis protein b. pertambahan massa c. pengumpulan energi d. pertambahan jumlah sel e. pertambahan volume sel

Jawaban: d. pertambahan jumlah sel

Penjelasan Akhir

Interfase adalah tahap di mana sel mempersiapkan diri untuk pembelahan dengan melakukan berbagai aktivitas. Namun, selama tahap ini, sel tidak membelah atau meningkatkan jumlahnya. Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah “pertambahan jumlah sel” tidak terjadi selama interfase.

Penutup

Daur sel adalah proses yang kompleks yang melibatkan berbagai tahapan dan aktivitas. Penting untuk memahami apa yang terjadi selama setiap tahap untuk memahami bagaimana sel tumbuh dan membelah. Interfase, sebagai tahap terpanjang dalam daur sel, adalah saat yang penting bagi sel untuk mempersiapkan diri untuk pembelahan. Meskipun banyak aktivitas terjadi selama tahap ini, kita harus ingat bahwa pertambahan jumlah sel bukan salah satunya.