Salah Satu Penyusun Molekul DNA Adalah Pasangan-Pasangan Basa Nitrogen?

salah satu penyusun molekul dna adalah pasangan pasangan basa nitrogen
Salah Satu Penyusun Molekul DNA Adalah Pasangan-Pasangan Basa Nitrogen?

salah satu penyusun molekul dna adalah pasangan pasangan basa nitrogen

DNA, singkatan dari Deoxyribonucleic Acid (Asam Deoksiribonukleat), adalah molekul yang memiliki peran penting dalam menyimpan informasi genetik di dalam sel-sel organisme. Struktur DNA yang khas berbentuk double helix atau rantai ganda, merupakan salah satu ciri khas yang membedakannya dengan molekul lainnya. Salah satu komponen penting dalam struktur DNA adalah pasangan-pasangan basa nitrogen.

Pembahasan

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang pasangan basa nitrogen, penting untuk memahami apa itu DNA. DNA adalah molekul yang menyimpan informasi genetik di dalam sel-sel organisme. Informasi ini diperlukan untuk pertumbuhan, perkembangan, dan fungsi organisme.

Pasangan-Pasangan Basa Nitrogen dalam DNA

Pasangan-pasangan basa nitrogen adalah bagian penting dari struktur DNA. Mereka membentuk ikatan hidrogen antara kedua untai DNA, yang menghubungkan pasangan-pasangan basa nitrogen di antara untai-untai tersebut. Ada beberapa pasangan basa nitrogen yang dikenal, yaitu:

  • Adenin dengan Timin
  • Guanin dengan Sitosin

Basa nitrogen penyusun DNA terdiri atas basa nitrogen purin (adenin dan guanin) serta basa nitrogen pirimidin (sitosin dan timin). Basa nitrogen purin akan dihubungkan oleh ikatan hidrogen dengan basa nitrogen pirimidin. Sitosin akan selalu dihubungkan dengan guanin oleh tiga ikatan hidrogen. Sedangkan, adenin akan selalu dihubungkan dengan timin oleh dua ikatan hidrogen.

Kesimpulan

DNA adalah molekul yang menyimpan informasi genetik dan memiliki struktur double helix. Salah satu komponen penting dalam struktur DNA adalah pasangan-pasangan basa nitrogen yang terdiri dari adenin, guanin, sitosin, dan timin. Pasangan basa nitrogen ini memiliki peran penting dalam membentuk struktur DNA dan memastikan informasi genetik disimpan dengan benar.

Jawaban Dari Pertanyaan

Pertanyaan: Salah satu penyusun molekul DNA adalah pasangan-pasangan basa nitrogen?

Pilihan Jawaban:

A. adenine dengan guanine

B. guanine dengan sitosin

C. adenine dengan urasil

D. urasil dengan guanine

E. guanine dengan timin

Jawaban: B. guanine dengan sitosin

Penjelasan Akhir

Pasangan basa nitrogen yang sesuai adalah adenin dengan timin dan guanin dengan sitosin. Adenin dan timin dihubungkan oleh dua ikatan hidrogen, sedangkan guanin dan sitosin dihubungkan oleh tiga ikatan hidrogen. Ini memastikan bahwa struktur DNA tetap stabil dan informasi genetik disimpan dengan benar.

Penutup

DNA adalah salah satu molekul paling penting dalam biologi. Pengetahuan tentang pasangan-pasangan basa nitrogen dan bagaimana mereka berkontribusi pada struktur DNA adalah kunci untuk memahami bagaimana informasi genetik disimpan dan diterjemahkan dalam sel. Dengan memahami konsep ini, kita dapat lebih memahami bagaimana kehidupan bekerja pada tingkat molekuler.