Sebut dan Jelaskan Salah Satu Contoh Penerapan Big Data

Sebut dan Jelaskan Salah Satu Contoh Penerapan Big Data
Sebut dan Jelaskan Salah Satu Contoh Penerapan Big Data

Sebut dan Jelaskan Salah Satu Contoh Penerapan Big Data

Big data telah menjadi bagian penting dari berbagai sektor industri dan pemerintahan di seluruh dunia. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi salah satu contoh penerapan big data yang telah membawa perubahan signifikan dalam cara kita berinteraksi dengan dunia.

Pembahasan

Big data adalah kumpulan data dalam jumlah besar yang dapat dianalisis untuk mengungkapkan pola, tren, dan asosiasi, terutama yang berkaitan dengan perilaku manusia dan interaksi. Berikut adalah contoh penerapan big data dalam berbagai bidang.

Big Data dalam Pajak

Salah satu contohnya

Salah satu contoh penerapan big data adalah dalam sistem pajak di Indonesia.

Penjelasannya

Big data digunakan untuk mengambil data dari jenis silsilah keluarga, kekayaan yang dimiliki, barang apa saja yang dimiliki, serta akun rekening bank masyarakat. Ini memungkinkan pemerintah untuk memantau jenis pajak yang telah maupun belum dibayar oleh individu, sehingga pengecekan mengenai wajib pajak menjadi lebih mudah.

Kesimpulan

Penerapan big data dalam sistem pajak di Indonesia adalah contoh bagaimana teknologi ini dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pengumpulan pajak. Ini menunjukkan potensi big data dalam membantu pemerintah dan bisnis membuat keputusan yang lebih tepat dan strategis.

Jawaban Dari Pertanyaan

Pertanyaan: Sebut dan jelaskan salah satu contoh penerapan big data?

Jawaban

Salah satu contoh penerapan big data adalah dalam sistem pajak di Indonesia, di mana data dari berbagai sumber digunakan untuk memantau pembayaran pajak oleh individu, meningkatkan pendapatan pajak negara, dan memudahkan pengecekan wajib pajak.

Penutup

Big data telah membuka peluang baru dalam berbagai bidang, termasuk sistem pajak. Dengan memanfaatkan teknologi ini, kita dapat mengharapkan peningkatan layanan dan kebijakan yang lebih tepat dan efisien di masa depan.