Tentukan Fungsi yang Menyatakan Hubungan Antara Suhu Dalam Celcius dan Kelvin

Tentukan Fungsi yang Menyatakan Hubungan Antara Suhu Dalam Celcius dan Kelvin
Tentukan Fungsi yang Menyatakan Hubungan Antara Suhu Dalam Celcius dan Kelvin

Point Pembahasan Tentang: Tentukan Fungsi yang Menyatakan Hubungan Antara Suhu Dalam Celcius dan Kelvin

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mendengar tentang suhu. Suhu adalah ukuran seberapa panas atau dingin suatu benda. Ada beberapa skala suhu yang digunakan di seluruh dunia, seperti Fahrenheit, Celcius, dan Kelvin. Dalam artikel ini, kita akan membahas hubungan antara suhu dalam skala Celcius dan Kelvin.

Pembahasan

Sebelum kita membahas lebih lanjut, mari kita pahami dulu apa itu skala Celcius dan Kelvin. Skala Celcius sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, terutama di Indonesia. Sementara itu, skala Kelvin lebih sering digunakan dalam penelitian ilmiah.

Tentukan Fungsi yang Menyatakan Hubungan Antara Suhu Dalam Celcius dan Kelvin

Untuk menentukan fungsi yang menyatakan hubungan antara suhu dalam Celcius (°C) dan Kelvin (K), kita perlu memahami hubungan antara kedua skala suhu tersebut. Perbedaan antara skala Celcius dan Kelvin adalah bahwa nol mutlak pada skala Kelvin adalah nol absolut, sedangkan pada skala Celcius, nolnya adalah titik beku air pada tekanan atmosfer standar. Nol mutlak pada skala Kelvin adalah 0 K, yang setara dengan -273,15 °C.

Jadi, hubungan antara suhu dalam Celcius (°C) dan Kelvin (K) dapat dijelaskan oleh persamaan:

T(K) = T(°C) + 273,15

Di mana:

  • T(K) adalah suhu dalam Kelvin,
  • T(°C) adalah suhu dalam Celcius.

Contoh:

Jika suhu dalam Celcius adalah 25 °C, maka untuk mengkonversinya ke Kelvin, kita gunakan persamaan di atas:

T(K) = 25 + 273,15

T(K) = 298,15 K

Jadi, suhu 25 °C sama dengan 298,15 Kelvin.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa ada hubungan yang jelas antara suhu dalam skala Celcius dan Kelvin. Dengan memahami hubungan ini, kita dapat dengan mudah mengkonversi suhu dari satu skala ke skala lainnya.

Jawaban Dari Pertanyaan

Sebagai jawaban dari pertanyaan Anda, hubungan antara suhu dalam Celcius dan Kelvin dapat dijelaskan dengan persamaan T(K) = T(°C) + 273,15.

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan informasi yang Anda cari. Jika Anda memiliki pertanyaan atau ingin mengetahui lebih lanjut, jangan ragu untuk bertanya!