Tindakan yang Mencerminkan Peran Guru Penggerak Sebagai Coach Bagi Guru Lain Adalah …

Tindakan yang Mencerminkan Peran Guru Penggerak Sebagai Coach Bagi Guru Lain Adalah ...
Tindakan yang Mencerminkan Peran Guru Penggerak Sebagai Coach Bagi Guru Lain Adalah ...

Tindakan yang Mencerminkan Peran Guru Penggerak Sebagai Coach Bagi Guru Lain Adalah …

Dalam dunia pendidikan, peran guru tidak hanya terbatas pada mengajar di kelas. Ada guru-guru yang memiliki peran lebih besar, yaitu sebagai guru penggerak. Mereka berfungsi sebagai coach atau mentor bagi guru lain, membantu mereka dalam pengembangan pembelajaran di sekolah. Dalam artikel ini, kita akan membahas tindakan-tindakan yang mencerminkan peran guru penggerak sebagai coach bagi guru lain.

Pembahasan

Guru penggerak adalah guru yang memiliki visi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Mereka berperan sebagai coach bagi guru lain, memberikan bimbingan, motivasi, dan dukungan dalam proses pembelajaran.

Tindakan yang Mencerminkan Peran Guru Penggerak Sebagai Coach:

  1. Menjadi Mentor: Guru penggerak mampu menjadi mentor bagi rekan guru lain, membantu mereka dalam pengembangan pembelajaran di sekolah.
  2. Menginspirasi dan Memotivasi: Mereka mampu memunculkan motivasi dalam diri sendiri dan rekan guru lain untuk membuat perubahan positif baik untuk lingkungan sekitarnya maupun dirinya sendiri.
  3. Refleksi dan Introspeksi: Mereka mau melakukan refleksi dan introspeksi terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan.
  4. Mendengar dan Menerima Saran: Mereka terbuka untuk mendengar saran dan kritik dari pengawas, kepala sekolah, sesama guru, dan peserta didik.
  5. Membangun Komunitas Belajar: Berpartisipasi aktif dalam membuat komunitas belajar untuk para rekan guru baik di sekolah maupun wilayahnya.
  6. Pelatih bagi Guru Lain: Menjadi pelatih bagi guru lain untuk pembelajaran yang berpusat pada murid.

Kesimpulan

Guru penggerak memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Mereka tidak hanya mengajar, tetapi juga berperan sebagai coach bagi guru lain. Dengan tindakan-tindakan yang telah disebutkan di atas, mereka membantu rekan guru lain dalam pengembangan pembelajaran di sekolah.

Jawaban Dari Pertanyaan

Pertanyaan: Tindakan yang mencerminkan peran guru penggerak sebagai coach bagi guru lain adalah …

Jawaban

Tindakan tersebut antara lain menjadi mentor bagi rekan guru, menginspirasi dan memotivasi, melakukan refleksi dan introspeksi, mendengar dan menerima saran, membangun komunitas belajar, dan menjadi pelatih bagi guru lain.

Penutup

Peran guru penggerak sebagai coach bagi guru lain sangat penting dalam dunia pendidikan. Mereka membantu meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dan memberikan dukungan bagi rekan guru lain. Dengan adanya guru penggerak, diharapkan kualitas pendidikan di Indonesia dapat terus meningkat.